Teruntuk yang Selalu Mengingatkanku

Apa kabar? Apa kau baik-baik saja? Aku senang jika kau memang baik-baik saja.

Aku ingin kau tau, bahwa aku merindukanmu, aku sungguh merindukanmu, percayalah. Walau hampir 4 kali dalam seminggu kita selalu bertemu dan bersama-sama, bahkan selalu duduk berdekatan. Banyak hal yang selalu kita bicarakan dan lewatkan bersama, walau ada beberapa hal pula yang aku tak mengerti tentangmu, namun aku menkmati hal itu, aku menyukai rasa perbedaan antara kita, aku menyukai ketidakpahaman antara kita, tentang dirimu dan diriku.

Hampir 2 tahun kita bersama, hampir 4 semester kita lalui bersama dengan penuh suka duka, saat kita selalu duduk di jajaran depan bangku kuliah, saat kita selalu jadi teman ngobrol dosen saat ada yang presentasi, dan kita lebih banyak satu kelompok saat ada tugas kelompok. Masih ingatkah kau tentang mata kuliah seni music, yang mengharuskan kita mengaransemen suatu lagu dengan music batok kelapa? Aku sungguh menikmati masa-masa itu, dan aku merindukannya, aku pun merindukan saat kita setiap malam tidur bersama selama kurang lebih 6 bulan, hehe. Aku sangat merindukan hal itu.

Ingatkah kau? Saat tahun lalu kita mendaftar menjadi anggota BEM HIMA PGSD 2009-2010. Kau terpilih menjadi staf Pengenbangan Sumber Daya Organisasi sedangkan aku terpilih menjadi staf Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa. Hal itu sungguh menyenangkan, kita berada dalam satu organisasi, yang menuntk kita untuk selalu kompak. Banyak hal baru yang kita dapat dari situ aku rasa. Kau harus bersyukur atas hal itu. ^^

Orang lain bilang kau kita kembar yang tak bisa dipisahkan, orang selalu menanyakanmu ketika aku berjalan sendiri, dan orang selalu menanyakanku jika kau berjalan sendiri (benarkah? hehe) namun ku harap itu benar. Bahkan dosen pun (kau ingat Bu Andien dan Pa Dwi) berbicara “ni anak barengan aja dari dulu” haha, sungguh membuatku bangga. Itu artinya mereka memperhatikan kebersamaan kita. Kau harus bangga hal itu.

Sekarang aku merindukanmu lebih dari biasanya. Aku merindukan kebersamaan kita, karena sekarang aku tak lagi merasakan hadirmu disampingku. Kau tak lagi sebebas dahulu. Sekarang kau punya penjaga hatimu yang lebih agresif dari biasanya. Kau punya seseorang yang setiap kau membuka pintu kamar mu dia ada. –aku iri padamu akan hal itu- namun aku berbahagia atas hal itu. Hmm, jika kau menikah kelak, aku harus jadi no 2 yang paling cantik setelahmu, kau harus berjanji akan hal itu.

Sahabatku, (@sylviarabbani)
Sungguh tahun ini, akan menjadi tahun yang berat untukku, karena kau tidak lagi disampingku. Aku benar-benar merindukanmu, jiwamu tak dapat aku rasakan. Aku bagaikan anak ayam kehilangan induknya.
Aku memang harus menyesal telah berbeda jalur, berbeda arah organisasi denganmu. Tapi aku menghargai perbedaan itu. Namun jika di awal aku tau akan seperti ini kejadiannya, aku akan dengan sepenuh hati memutuskan untuk mengambil langkah yang sama denganmu, dengan abang kita juga. Saat ini aku sendirian, kau tau? Aku benar-benar merasa sendirian. Aku merindukanmu, sunguh! Aku menginginkan kau ada disini, menemaniku. Saat kau memutusakan lebih memilih legislative sedangkan aku tetap bertahan di eksekutif. Di awal aku memang merasa baik-baik saja, namun sunguh sekarang aku menyesal. Aku menyesal telah berpisah denganmu. Namun aku harus berpikir bisa membuat apa aku dengan rasa sesal ini, hehe, yang pasti jangan diterapkan.
Aku tak inginn kita berbeda jalur, aku ingin kita tetap bersama, walau terkadang kita selalu bertentangan. Kita selalu berdiam diri, tak pernah bertanya dan tak ingin di Tanya saat lagi ada masalah, kita lebih memilih memasang tampang jutek ketimbang menceritakannya terlebih dahulu saat terjadi suatu kesalahpahaman antara kita, namun selalu ada penengah diantara kita, yaitu Dwi Apriani, sahabat kita yang selalu menginap saat kita mengontral sebuah kamar demi kelangsungan perkuliahan.

Mungkin bagimu atau bagi kalian, tak asing lagi jikalau aku sangat teramat sangat mudah meneteskan air mata. Entah itu perasaanku sedang marah, kesal, kecewa, bahagia, sedang bersenang-senang, sedang sedih apalagi, sdang terharu, bahkan rasa malu saat dipojokin dosen juga aku meneteskan air mata. Dan saat ini aku menangis karena aku merasa sangat merindukanmu. Aku ingin kau tau apa yang menimpaku, apa yang terjadi saat ini padaku, apa yang kau rasakan, dan semua yang terjadi. *berpura-puralah peduli padaku”

Aku kehilanganmu, dan aku bagaikan nasi tanpa liwet. #apasih

#nb : salam pada ibumu, tolong samapaikan, aku rindu ajakan makan malamnya. Sampaikan salamku juga pada bapak, aku rindu omelannya saat kita meminta bantuan untuk mentranslate tugas kita pada orang lain.

Iklan

rasa kesal

bismillah.

 

entah kenapa, dari mulai matahari terbit, rasa kesal ini sudah hinggap dalm diriku.

dari mimpi yang aku dapatpun aku merasa sangat kesal, setelah bangun dan mengingat mimpiku, badanku terasa amat sakit. berangkat ke kampus pu dengan rasa sesal, karena harus membonceng orang! (secara biasanya berangkat sendiri) *padahalkan amal ya! astagfirulloh..

lalu karena berangkat terlalu siangan, jalanan sangat tak bersahabat, sangat macet! sampai ke kampus pun terlambat. datang ke kelas, suasananya sangat tidak bersahabat pula, bangku yang basah, tidak ada persiapan untuk UAS pula, lalu tibatiba atap ruangan pun rubuh, mungkin karena semalam hujan angin melanda kawasan UPI dan perbaikan atap ruangan tidak benar.

setelah UAS KD PKn beres, sang Ketua Kelas menyampaikan beberapa tugas yang harus dikumpulkan, dan sialnya lagi tugas-tugas yang diminta, belum dkerjakan. padahal itu tugas kelompok!!

dengan hati kesal akupun rela mengerjakannya, *tapi bersamasama. kekesalanpun belum berajak dari hidupku siang tadi. akupun pulang bersama kawanku, ditengah perjalanan kami (terlebih dia) kelaparan, lalu kami memutuskan berhenti di tempat makan pastfood. *tadinya siy aku berencana akan memesan yang biasa aku makan ditempat itu, eh si pelayannya malah nawarin paket yang lain, tanpa di sadari ternyata makanannya sungguh menguras isi dompetku!! hmm, uang uniko pun habis hanya untuk perutku yang mulai buncit!

perjalanan jauh untuk sampai kerumah membuat aku mengantuk ditengah perjalanan, sungguh membuatku tidak berkonsentrasi membawa motor.

sampai dirumah, tugas deadline menunggu. ih sumpahnya kesel banget, males banget mngerjainnya, karena dulu perjanjiannya, bikin powerpoint tuh masing-masing sesuai bahasan! eh taunya.. dengan penug rasa malu pun aku meminta bantuan kepada salah satu anggota kelompokku, idih hasilnya, sumpah kaya yang ga niat banget!! etapi makasih udah bantuin. hehe

 

pokoknya aku merasa kesal hari ini!!

Pkn

materi ini aya dapat dari bu rika saat perkuliahan Pend. Kewarganegaraan..

PGSD S1 sem.3

PANCASILA SEBAGAI FILSAFAT DAN IDEOLOGI NASIONAL

demokrasi

materi ini didapat saat perkuliahan KD.PKn Sem.3 oleh Bu Susan..

power poin PKN

about KOREA

sedikit tentang korea..

Nama Korea terbagi atas marga diikuti nama kecil, yang dipergunakan oleh orang Korea diKorea Utara dan Korea Selatan. Dalam bahasa Korea, ‘ireum’ biasanya menunjuk ke nama keluarga (seong) dan nama kecil (myeong) secara bersama. Lamanya sejarah dalam penggunaan nama marga menyebabkan kepunahan banyak nama marga. Hanya ada 250 nama marga Korea yang paling umum, dan 3 yang paling besar adalah (Kim, Lee, dan Park) yang mencakup hampir setengah dari populasi.

Sebutan “Korea” diambil dari nama dinasti Korea yang terkenal, yaitu Goryeo (935-1392). Goryeo sendiri menamai negerinya dari kependekan nama salah satu Tiga Kerajaan Korea, Goguryeo (37 SM-668 M). Dalam bahasa Cina dilafalkan “Gao-li” dan penyebutan itu menyebar ke para pedagang Timur Tengah, dan lama kelamaan menjadi “Korea”. Kata “Korea” secara umum di dunia internasional saat ini digunakan untuk menunjuk kedua negara Korea. Dalam Bahasa Koreadi Korea Selatan, “Korea” berarti “Han-Guk” (Korea Selatan; kependekan dari “Dae Han Min Guk”) sedangkan “Chosŏn” digunakan oleh Korea Utara untuk menyebut nama negara mereka.

Istilah “Korea” digunakan pertama kali oleh Percival Lowell (1855-1916), seorang penulis,petualang dan astronom Amerika yang mengunjungi Korea sekitar 100 tahun yang lalu.Nama tersebut merupakan interpretasi literal dari kata Chosǒn (Joseon, 조선 / 朝鮮, 1392-1910), nama negara yang ia kunjungi di akhir abad ke-19. Lowell menganggap nama tersebut cocok untuk kerajaan yang tertutup terhadap dunia luar tersebut. Korea pada saat itu tak dikenal di dunia barat, namun pada masa sebelumnya, Dinasti Goryeo telah dikenal oleh dunia barat dan dari negara itulah kata Korea berasal.

Sejarah Korea bermula dari zaman Paleolitik Awal sampai dengan sekarang. Kebudayaan tembikardi Korea dimulai sekitar tahun 8000 SM, dan zaman neolitikum dimulai sebelum 6000 SM yang diikuti oleh zaman perunggu sekitar tahun 2500 SM. Kemudian, Kerajaan Gojoseon berdiri tahun 2333 SM. Baru pada abad ke-3 SM Korea mulai terbagi-bagi menjadi banyak wilayah kerajaan.

Pada tahun satu Masehi, Tiga Kerajaan Korea seperti Goguryeo, Silla dan Baekje mulai mendominasiSemenanjung Korea dan Manchuria. Tiga kerajaan ini saling bersaing secara ekonomi dan militer. Goguryeo dan Baekje adalah dua kerajaan yang terkuat, terutama Goguryeo, yang selalu dapat menangkis serangan-serangan dari Dinasti-dinasti Tiongkok. Kerajaan Silla perlahan-lahan menjadi kuat dan akhirnya dapat menundukkan Goguryeo.Untuk pertama kalinya Semenanjung Koreaberhasil disatukan oleh Silla pada tahun 676 menjadi Silla Bersatu. Para pelarian Goguryeo yang selamat mendirikan sebuah kerajaan lain di sisi timur laut semenanjung Korea, yakni Balhae.

Silla Bersatu akhirnya runtuh di akhir abad ke-9, yang juga mengakhiri masa kekuasaan Tiga Kerajaan. Kerajaan yang baru, Dinasti Goryeo, mulai mendominasi Semenanjung Korea. Kerajaan Balhae runtuh tahun 926 karena serangan bangsa Khitan dan sebagian besar penduduk serta pemimpinnya, Dae Gwang-hyeon, mengungsi ke Dinasti Goryeo. Selama masa pemerintahan Dinasti Goryeo, hukum yang baru dibuat, pelayanan masyarakat dibentuk, serta penyebaran agama Buddhaberkembang pesat.

Pada tahun 1392, Taejo dari Joseon mendirikan Dinasti Joseon setelah menumbangkan Goryeo. Raja Sejong (1418-1450) mengumumkan penciptaan abjad Hangeul. Antara 1592-1598, dalam Perang Imjin,Jepang menginvasi Semenanjung Korea, tapi dapat dipatahkan oleh prajurit pimpinan Laksamana Yi sun sin. Lalu pada tahun 1620-an sampai 1630-an Dinasti Joseon kembali diserbu oleh suku Manchu(Dinasti Qing).

Pada awal tahun 1870-an, Jepang kembali berusaha merebut Korea yang berada dalam pengaruh Cina. Jepang memakasa Korea untuk menandatangani Perjanjian Eulsa yang menjadikan Korea sebagai protektorat Jepang, lalu pada 1910 Jepang mulai menjajah Korea.

Dengan menyerahnya Jepang di tahun 1945, PBB membuat rencana administrasi bersama Uni Sovietdan Amerika Serikat, namun rencana tersebut tidak terlaksana. Pada tahun 1948, pemerintahan baru terbentuk, yang demokratik (Korea Selatan) dan komunis (Korea Utara) yang dibagi oleh garis lintang 38 derajat. Ketegangan antara kedua belah pihak mencuat ketika Perang Korea meletus tahun 1950ketika pihak Korea Utara menyerang Korea Selatan.

Bahasa Korea (한국어/한국말) adalah bahasa yang paling luas digunakan di Korea, dan merupakan bahasa resmi Korea Selatan dan Korea Utara. Bahasa ini juga dituturkan secara luas di Yanbian di Cina timur laut. Secara keseluruhan terdapat sekitar 78 juta penutur bahasa Korea di seluruh dunia termasuk kelompok-kelompok besar di Uni Soviet,AS, Kanada dan Jepang. Klasifikasi resmi bahasa Korea masih belum disetujui secara universal, namun dianggap oleh banyak orang sebagai bahasa isolat. Beberapa ahli bahasa memasukkannya ke dalam kelompok bahasa Altaik. Bahasa Korea juga banyak mirip dengan bahasa Jepang yang status kekerabatannya juga kurang jelas.

Sistem penulisan bahasa Korea yang asli — disebut Hangul — merupakan sistem yangsilabik dan fonetik. Aksara-aksara Sino-Korea (Hanja) juga digunakan untuk menulis bahasa Korea. Walaupun kata-kata yang paling umum digunakan merupakan Hangul, lebih dari 70% kosakata bahasa Korea terdiri dari kata-kata yang dibentuk dari Hanja atau diambil dari bahasa Mandarin.

Huruf ini dikenalkan oleh Raja Sejong pada abad ke-15, dikenal sebagai Hunmin Jeongeum. Namun istilah Hangul baru dikenal pada permulaan abad ke-20. Setelah Hangeul digunakan pun, Hanja masih tetap dipakai, sedang Hangeul dipakai oleh orang-orang tidak berpendidikan, wanita dan anak-anak.

Berkas:Hunmin jeong-eum.jpg

Namun pada perkembangannya, Hangeul makin banyak digunakan bahkan pada abad ke-19 dan permulaan abad ke-20, penggunaan Hangeul dan Hanja seimbang. Namun kini, Hanja hanya dijumpai pada tulisan-tulisan akademik dan resmi, sedangkan hampir semua papan nama, jalan, petunjuk, bahkan tulisan-tulisan informal ditulis dalam Hangeul.

Bahasa Korea pada dasarnya memiliki dialek-dialek yang saling bertalian satu sama lain. Setiap wilayah dapat memahami dialek lainnya, kecuali dialek Pulau Jeju yang dianggap kurang bisa dimengerti dari dialek-dialek provinsi lainnya.

Beberapa Bunga Korea yang Khas

A White Korean Flower; flower, korea, korean flower, white flower

Vegetasi Daerah Panas – Biasanya yang tumbuh adalah tumbuhan berdaun lebar, misalnya Camellia japonica,Cinnamomun camphoraArdisia pusilla, dan Quercus myrsinaefolia. Vegetasi Daerah “Sedang” (Suhu Normal) – Biasanya yang tumbuh juga tumbuhan berdaun lebar tetapi sedikit berbeda dengan yang daerah panas, misalnyaQuercus serrataQuercus aliena, dan Quercus acutissima. Vegetasi Daerah Dingin – Biasanya yang tumbuh adalah tumbuhan berdaun jarum, misalnya Abies nephrolepis,Larix olegensis, dan Thuja koraiensis.

sedikit tentang korea..

Sajak Pertemuan Mahasiswa ~ W.S Rendra

Sajak Pertemuan Mahasiswa – W.S Rendra

Matahari terbit pagi ini
mencium bau kencing orok di kaki langit
melihat kali coklat menjalar ke lautan
dan mendengar dengung di dalam hutan

lalu kini ia dua penggalah tingginya
dan ia menjadi saksi kita berkumpul disini
memeriksa keadaan

kita bertanya :
kenapa maksud baik tidak selalu berguna
kenapa maksud baik dan maksud baik bisa berlaga
orang berkata : “kami ada maksud baik”
dan kita bertanya : “maksud baik untuk siapa ?”

ya !
ada yang jaya, ada yang terhina
ada yang bersenjata, ada yang terluka
ada yang duduk, ada yang diduduki
ada yang berlimpah, ada yang terkuras
dan kita disini bertanya :
“maksud baik saudara untuk siapa ?
saudara berdiri di pihak yang mana ?”

kenapa maksud baik dilakukan
tetapi makin banyak petani kehilangan tanahnya
tanah – tanah di gunung telah dimiliki orang – orang kota
perkebunan yang luas
hanya menguntungkan segolongan kecil saja
alat – alat kemajuan yang diimpor
tidak cocok untuk petani yang sempit tanahnya

tentu, kita bertanya :
“lantas maksud baik saudara untuk siapa ?”
sekarang matahari semakin tinggi
lalu akan bertahta juga di atas puncak kepala
dan di dalam udara yang panas kita juga bertanya :
kita ini dididik untuk memihak yang mana ?
ilmu – ilmu diajarkan disini
akan menjadi alat pembebasan
ataukah alat penindasan ?

sebentar lagi matahari akan tenggelam
malam akan tiba
cicak – cicak berbunyi di tembok
dan rembulan berlayar
tetapi pertanyaan kita tidak akan mereda
akan hidup di dalam mimpi
akan tumbuh di kebon belakang

dan esok hari
matahari akan terbit kembali
sementara hari baru menjelma
pertanyaan – pertanyaan kita menjadi hutan
atau masuk ke sungai
menjadi ombak di samodra

di bawah matahari ini kita bertanya :
ada yang menangis, ada yang mendera
ada yang habis, ada yang mengikis
dan maksud baik kita
berdiri di pihak yang mana !

RENDRA
( jakarta, 1 desember 1977 )
* ) Sajak ini dipersembahkan kepada para mahasiswa universitas indonesia di jakarta dan dibacakan di dalam salah satu adegan film “yang muda yang bercinta” yang disutradarai oleh Sumandjaya

* ) Dari kumpulan puisi “potret pembangunan dalam puisi” ( pustaka jaya – 1996 )

 

kutipan,

awan-awan di langit kan tetap bergerak, angin senantiasa menggugurkan daunan; segala atasnamamu: Kesunyian #Sapardi Djoko Damono

Tubuh-Mu yg indah, kaubaringkan di gunung yg tinggi, dan nampaklah dari bawah, bagai awan mandi cahaya #Rendra

Jadi baik kita padami unggunan api ini. Karena kau tidak ‘kan apa-apa. Aku terpanggang tinggal rangka #Chairil Anwar
mencintaimu mestikah juga mencintai waktu? Sedang jarum jam pada matamu, sdh lama berhenti, terus menerus menanti #Jimmy M Alfian
telah kubangun menara, dari rusuk-rusukku, agar kau dpt memandang lebih lapang, ke dalam diriku #Wayan Sunarta
Bahkan rasa sakit itu datang lebih cepat dari caramu menyakitiku #Imran Abidin
Sekarang aku merasa tentram, setelah semalam bergulat dalam diri, dan meredakan rindu dengan mengerti #Rendra
aku membayangkan menjadi selimut bagi kerinduanmu, dan gemetar membayangkan sebagai tangan yg menyelusup selimutmu #Imran Abidin

Aku berlinang airmata bukan karena kenangan, melainkan pedih oleh rasa heran; mengapa kau perdaya aku dengan kebahagiaan.

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!